Kalimantan

Sawadi krub Apa kabar murid-murid? baik baik saja. Now we will learn about culture of Kalimantan, tradition, food, and dance. Kalimantan is name of island in Indonesia. Kalimantan as a part of areain Borneo island near by Malaysia and Brunei Darusalam. There is someprovince in kalimantan: Kalimantan Utara, kalimantan barat, kalimantan selatan, kalimantan tengah, kalimantan timur.



Upacara Nebe’e Rau (Tanam Padi)

Upacara Nebe’e Rau/ Tanam Padi ini merupakan upacara tahunan yang dibuat, upacara ini bentuk dari rasa syukur masyarakat Dayak atas ladang mereka yang ditanami padi dengan harapan hasil yang mereka tanam sangat berlimpah. Masyarakat kalimantan melangsungkan upacara selama satu bulan, Masyarakat banyak melakukan adat istiadat, diawali dari memberi makanan sang raja kampung (to’q) untuk menjaga kampung agar selalu terjaga dari kejahatan. Dalam upacara Adat Nebe’e Rau inilah ada yang namanya Lali Uga’l. Lali Uga’l ini akan terdapat beberapa tarian-tarian yang sifatnya sakral, dari tarian Hudo’q Apa’h dan Tarian Henda’q Uling. Tarian ini hanya boleh ditampilkan didalam Lali Uga’l ini saja, karena Tarian ini merupakan cerita dimasa lalu dijadikan sebagai pengusir hama, dari bentuk dan besarnya akan sangat membantu masyarakat Dayak dalam menjaga ladang dan hasil tanaman mereka.


ประเพณีกาลิมันตัน

พิธี Nebe'e Rau เป็นพิธีกรรมที่จะทำเป็นประจำ พิธีนี้ได้รับรูปแบบมาจากการขอบคุณ Dayak. ในฟาร์มทของพวกเขาซึ่งจะปลูกข้าวเปลือกเพื่อหวังผลผลิตที่พวกเขาปลูก ที่พวกเขาปลูกนั้นอุดมสมบูรณ์มาก ไม่น่าแปลกใจหากพิธีนี้จะจัดขึ้นเป็นเวลาหนึ่งเดือน  มีพิธีกรรมจำนวนมากที่ทำในDayak. เริ่มต้นจากซื้ออาหารของพระราชา เพื่อใช้ชาวบ้านได้ตื่นตัวในเหตุการณ์ที่จะเกิดขึ้นในหมู่บ้าน ในพิธี Nebe'e Rau นี้มีชื่อว่า Lali Uga'l.  Lali Uga'l เป็นการเต้นรำที่อาจมีเพียงการแสดง Lali Uga'l เพียงอย่างเดียว การเต้นรำนี้เป็นเรื่องเพราะในอดีตที่ผ่านมาใช้ในการขับไล่ศัตรูพืชที่เป็นประโยชน์และเงินสามารถช่วยให้ผู้คนในDayakได้รักษาทุ่งนาและพืชของพวกเขา

Upacara Pernikahan
Upacara yang diberi nama Ngehawa’k merupakan upacara pernikahan dari Kalimantan. Upacara ini menampilkan benda-benda adat, bergantung dari keturunan sang mempelai wanita atau pria. Jika wanita keturunan bangsawan maka pria wajib menyediakan sesuai dengan permintaan dari wanita tersebut. Jika terjadi perceraian ada hukum adat yang akan mengatur. Hukuman dari denda adat dan hukum adat menyesuaikan kesalahan dari kedua belah pihak karena sama dengan melanggar adat istiadat dari adat Dayak.

พิธีสมรสชื่อ ngehawa'k เป็นพิธีแต่งงานของเกาะ kalimantan. ของชนพื้นเมือง ขึ้นอยู่กับการสืบเชื้อสายของเจ้าสาว ถ้าผู้หญิงมีการสืบทอดเชื้อสายจากบรรพบุรุษ ต้องทำให้เหมาะสมกับความต้องการจากผู้หญิง ถ้าเกิดการหย่าร้างไม่มีกฎหมายการลงโทษจากการปรับ แต่เป็นความผิดของชนพื้นเมือง ทั้งสองฝ่ายได้รับความผิดเท่าเทียมกันที่ทำความผิดละเมิดประเพณีของชนพื้นเมือง Dayak 


แสดงความคิดเห็น

0 ความคิดเห็น